Senin, 05 Januari 2009

DAFTAR RIWAYAT HIDUP,Caleg DPRRI PMB Dapil Sulsel 1


Sanusi Ramadhan, S.Sos., M.Si, lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 7 September 1980. Berasal dari keluarga yang sederhana, karena tekadnya yang tinggi untuk menempuh pendidikan akhirnya ”Uchy” panggilan akrab pria yang baru menikah tiga bulan yang lalu dengan Murniathy Akbar,A.Ma (2008), akhirnya mampu menyelesaikan program Magisternya. Menyelesaikan pendidikan dasar di SD Negeri Tauladan Kalukuang di Makassar (1988). Kemudian melanjutkan pendidikan menengah di SMP Negeri 4 Makassar (1991) dan di SMK/SMEA Muhammadiyah Bontoala di Makassar (1995). Menyelesaikan S-1 (S.Sos) Jurusan Ilmu Administras Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) di Makassar (2003), dan Pascasarjana (S-2) Magister Sains (M.Si) Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) di Jakarta (2007).

Sejak SMP ia memulai aktifitas di organisasi dengan bergabung dalam OSIS kemudian di SMK Muhammadiyah Bontoala ia dipercaya sebagai ketua OSIS atau dalam lingkungan sekolah Muhammadiyah disebut IRM/IPM dengan menjadi ketua Pimpinan Ranting Ikatan Remaja Muhammadiyah (PR IRM) 1993 - 1994. Karena kepiawiannya dalam berorganisasi sejak SMA ia telah menjadi instruktur atau fasilitator dalam berbagai pelatihan dan perkaderan yang diselenggarakan oleh IRM sehingga kemudian ia dipercaya menjadi Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Remaja Muhammadiyah Bontoala (1995 – 1996). Dengan berbekal berbagai aktifitas keorganisasian tingkat nasional dan pelatihan yang diikutinya kemudian di percaya menjadi Ketua Umum Pimpinan Daerah Ikatan Remaja Muhammadiyah Kota Makassar (1998 – 2000). Sejak memimpin IRM tingkat daerah berbagai aktifitas untuk pelajar dan remaja dilakukannya termasuk melakukan advokasi terhadap kepentingan pelajar dan remaja, maka tak heran ia kemudian mendapat julukan ”aktifis jalanan atau raja demo” dikalangan pelajar. Berbagai aktifitas jalanan dilakoninya mulai dari gerakan penutupan tempat hiburan malam, gerakan anti Narkoba dengan mendirikan lembaga ”SOPAN (Solidaritas Pelajar Anti Narkoba)”, gerakan peduli pelajar Ambon dan Irak dengan slogan ”SOLUSI” Solidaritas untuk Sahabat Sejati, dan berbagai aktifitas jalanan dalam menyikapi kebijakan pemerintah serta mendirikan lembaga ”BILIK Makassar Gaul” Biro Layanan dan Konsultasi Remaja.

Kemudian sejak tahun 2000 – 2002 ia dipercaya menjadi Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Remaja Muhammadiyah Sulawesi Selatan yang akhirnya dalam Muktamar IRM di Yogyakarta tahun 2002 di beri amanah sebagai sebagai ketua (bidang organisasi 2002 – 2004 ) dan ketua (bidang Hubungan Luar Negeri 2004 – 2005) kemudian kembali menjadi ketua bidang (organisasi 2005-2006).

Berbagai aktifitas mulai dari perkaderan, pelatihan dan seminar telah diikutinya, diantaranya Perkaderan Taruna Melati Utama Ikatan Pimpinan Pusat Remaja Muhammadiyah tahun 2000 di Bandung, TOT Pendampingan Sebaya Anti Narkoba Pimpinan Pusat Ikatan Remaja Muhammadiyah Tahun 2001 di Samarinda, TOT Pelatihan Sadar Gender Pimpinan Pusat Ikatan Remaja Muhammadiyah Tahun 2002 di Bogor, TOT Paralegal Penanganan Korban Konflik Pimpinan Pusat Ikatan Remaja Muhammadiyah Tahun 2003 di Bandung, Training The 7 Habits of Highly Effective People by Franklin Covey Organization Services PT. Dunamis Intermaster tahun 2003 di Bogor, Studium General Demokrasi Liberal atau Sosial demokrasi : Pilihan bagi Indonesia, Guest Lecturer Prof. Dr. Thomas Meyer tahun 2004 di Jakarta, Pelatihan Studi Refleksi Aktif Tanpa Kekerasan Pimpinan Pusat Ikatan Remaja Muhammadiyah Tahun 2005 di Makassar, Perkaderan Pelatihan Pelatih Nasional Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Tahun 2007 di Jakarta, ESQ Basic Training IHT ESQ Eksekutif Menpora by ESQ Leadership Center TAHUN 2008 di Jakarta, Political Parties & Voter Registration : Ensuring Your Supporters Can Vote, Multy Party Training by National Democratic Institute tahun 2008 di Jakarta, Workshop on Campaign Skills, Strategy & The Use of Technolgy by National Democratic Institute tahun 2008 di Jakarta.

Sejak pelajar di IRM sampai mahasiswa di HMI Komisariat tetap akif di berbagai organisasi diantaranya DPD KNPI Sulawesi Selatan sebagai anggota bidang Ekonomi, Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat UVRI tahun 2002 – 2003, Pendiri Yayasan Pattingalloang Muda Institute tahun 2007, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) sebagai Program Officer PP IRM tahun 2004 dan Asisten Program PP PM tahun 2006, Lembaga Gerakan Anti Korupsi PP Muhammadiyah sebagai sekretaris tahun 2006.

Semenjak masa kuliah berakhir kemudian ia dipercaya menjadi pengurus Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah sebagai wakil sekretaris jendral tahun 2006 – 2010, sampai akhirnya bersama-sama dengan eksponen Angkatan Muda Muhammadiyah merintis berdirinya Partai Matahari Bangsa yang kemudian di amanahi sebagai ketua Pemuda dan Olahraga dan Pemilih pemula Pimpinan Pusat Partai Matahari Bangsa tahun 2007 – 2011 dan Pimpinan Pusat Pandu Matahari Bangsa sebagai ketua umum tahun 2008 – 2011.

Berbagai acara seminar, dialog, pelatihan, perkaderan sebagai pembicara dan fasilitator dilakoninya diantaranya, fasilitator perkaderan Nasional IRM, Fasilitator Pelatihan Sadar Gender, Fasilitator Pelatihan Penanganan Korban Konflik Ambon, Fasilitator Pendampingan sebaya, Fasilitator Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan, Pembicara dan Fasilitator beberapa kegiatan Pemantau Pemilu di JPPR, Pembicara berbagai dialog, diskusi dan seminar dengan berbagai tema bahasan khususnya Pelajar, Remaja dan pendidikan dengan berbagai variannya.

Penelitian yang pernah dilakukan, antara lain: Dampak Pelatihan dalam peningkatan SDM di PLN Sulselra serta Islam dan Politik; Studi Pemikiran Deliar Noer dalam Program Magister Universitas Indonesia, dan beberapa tulisan lepas dengan tema-tema dunia pelajar dan remaja yang terpublikasi lewat dunia maya di http://puisi_cinta62.blogs.friendster.com


Kontak Person : HP.08194259232, Email : daeng_uci@yahoo.com, Friendster : puisi_cinta62@yahoo.com. Blog : http://sanusiramadhanmenyapa.blogspot.com & http://puisi_cinta62.blogs.friendster.com. Alamat Rumah : Datuk Ribandang I No. 6 RT.002 RW.004 Kel. La’latang Kec. Tallo Kota Makassar Sulawesi Selatan. Alamat PP PMB Jl.Bukit Duri Tanjakan Kav.VII Tebet Jakarta Selatan 12840 Telp.02168860381-02183785159 Fax.02183785159. Website : www.pmb.or.id

Tidak ada komentar: